FAQ

All Items
FAQ
Siapa yang dapat mengajukan permohonan informasi publik?

Setiap warga negara dan/atau badan hukum Indonesia sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Bagaimana cara mengajukan permohonan informasi?

Masyarakat menyampaikan surat permohonan tertulis, ditujukan ke alamat :
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kepala Biro Hukum dan Humas/ Deputi Bidang ...(sesuai kebutuhan informasi),

Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 – Jakarta Selatan, atau

hadir langsung di Kantor Kementerian PAN dan RB (sesuai alamat diatas), menunjukkan identitas pribadi dan mengisi buku tamu;
(Informasi/ data yang diminta dalam kewenangan Kementerian PANRB)

Bagaimana mekanisme pemberian tanggapan atas permohonan informasi publik?
  • Pengguna layanan menyampaikan surat resmi ditujukan kepada Menteri PAN-RB/ Sesmen PAN-RB, atau
  • Pengguna layanan (Pemohon) menyampaikan surat resmi ditujukan langsung kepada Deputi Bidang ... (sesuai bidang informasi yang diperlukan).
  • Menteri PAN-RB/ Sesmen PAN-RB mendisposisikan surat permohonan kepada Deputi Bidang yang bersangkutan.
  • Deputi Bidang yang bersangkutan mendisposisikan/ menugaskan pejabat/pegawai yang berkompeten untuk memberikan informasi pelayanan publik.
  • Pejabat/pegawai yang ditunjuk melaksanakan tugas memberikan informasi kepada pengguna layanan (pemohon)
  • Pengguna layanan datang langsung ke Kantor Kementerian PAN dan RB dengan menunjukkan identitas pribadi, untuk mendapatkan informasi.
Berapa lama pemberian tanggapan PPID atas permohonan informasi publik?
  • Proses penyelesaian untuk memenuhi permintaan pemohon informasi publik dilakukan setelah pemohon informasi publik memenuhi persyaratan yang telah ditentukan;
  • Waktu penyelesaian dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permintaan, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) akan menyampaikan pemberitahuan yang berisikan informasi yang diminta berada dibawah penguasaannya atau tidak. Dan PPID dapat memperpanjang waktu paling lambat 7 (tujuh) hari kerja.
  • Penyampaian/pendistribusian/penyerahan informasi public kepada pemohon informasi public dilakukan secara langsung, melalui email, fax ataupun jasa pos;
Bagaimana cara pengajuan keberatan atas tanggapan PPID?
  • Mengakses pada web layanan PPID Kementerian PANRB melalui menu Standar Layanan dan sub-menu Hak Memperoleh Informasi;
  • Mengunduh Formulir Pernyataan Keberatan;
  • Melampirkan dokumen pendukung yang dipersyaratkan.
Berapa biaya untuk memperoleh informasi?

Layanan ini tidak dipungut biaya / gratis

Waktu layanan informasi
  • Hari Senin s/d Kamis, pukul 08.00 - 16.00
  • Hari Jumat, Pukul 08:00 - 16:30

 


Cetak   E-mail