Survei Kepuasan Masyarakat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dilakukan periodik setiap semesternya. Sepanjang Tahun 2023 telah dilakukan survei terhadap pengguna layanan di lingkungan Kementerian PANRB dengan jumlah responden total sebanyak 1.454 orang. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat yang dicapai pada periode survei Tahun 2023 adalah sebesar 3,61 dengan Nilai SKM 90,14 dan memperoleh kategori A (SANGAT BAIK).
Unsur survei kepuasan masyarakat terdiri atas 9 unsur sebagai berikut:
- Persyaratan yaitu syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan, baik persyaratan teknis maupun administratif.
- Sistem, Mekanisme, dan Prosedur yaitu tata cara pelayanan yang dibakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan, termasuk pengaduan.
- Waktu penyelesaian yaitu jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan dari setiap jenis pelayanan.
- Biaya/tarif yaitu ongkos yang dikenakan kepada penerima layanan dalam mengurus dan/atau memperoleh pelayanan dari penyelenggara yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara penyelenggara dan masyarakat.
- Produk layanan yaitu hasil pelayanan yang diberikan dan diterima sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Produk pelayanan ini merupakan hasil dari setiap spesifikasi jenis pelayanan.
- Kompetensi pelaksana yaitu kemampuan yang harus dimiliki oleh pelaksana meliputi pengetahuan, keahlian, ketrampilan, dan pengalaman.
- Perilaku pelaksana yaitu sikap petugas dalam memberikan pelayanan.
- Penanganan pengaduan yaitu tata cara pelaksanaan penanganan pengaduan dan tindak lanjut.
- Sarana dan Prasarana yaitu segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan. Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek). sarana digunakan untuk benda yang bergerak (komputer, mesin) dan prasarana untuk benda yang tidak bergerak (gedung).
No. | Judul | Tautan |
---|---|---|
1 | Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Kementerian PANRB Semester II Tahun 2023 | Lihat |
2 | Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Kementerian PANRB Semester I Tahun 2023 | Lihat |
3 | Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Kementerian PANRB Tahun 2022 | Lihat |
4 | Laporan Kepuasan Pelayanan Informasi Publik Triwulan IV 2021 | Lihat |
5 | Laporan Kepuasan Pelayanan Informasi Publik Triwulan III 2021 | Lihat |
6 | Laporan Kepuasan Pelayanan Informasi Publik Triwulan II 2021 | Lihat |
7 | Laporan Kepuasan Pelayanan Informasi Publik Triwulan I 2021 | Lihat |
8 | Laporan Kepuasan Pelayanan Informasi Publik November 2019 – Desember 2020 | Lihat |
9 | Laporan Kepuasan Pelayanan Informasi Publik Mei – Oktober 2019 | Lihat |
10 | Laporan Kepuasan Pelayanan Informasi Publik Januari – April 2019 | Lihat |